Rabu, 14 September 2011

Pengertian Download dan Upload

Download, adalah istilah yang sering kita sebut ketika mengakses di Internet, baik di rumah kita sendiri atau dari Cyber@ccess. Download adalah langkah untuk mengambil sesuatu (gambar, dokumen, surat, dll.) ke dalam bentuk file dari Internet atau Intranet.

Dalam melakukan download file tergantung pada 4 (empat) hal, yaitu: kecepatan modem, kesibukan server, letak server dan tingkat kemacetan jaringan Internet.

1. Kecepatan Modem
Semakin cepat modem, semakin cepat file dapat Anda downlaod. Line telepon yang saling menyilang di planet kita ini adalah faktor keterbatasan yang utama. Hampir semua line telepon tersebut dapat mendukung 28.8 Kbps kecepatan modem. Tingkat transfer yang lebih dari itu tergantung pada kualitas kabel telepon lokal. Akan sia-sialah menginvestasi 56.6 Kbps modem, jika kabel telepon di daerah itu tidak mendukung. Jadi sebelum membeli modem dengan kecepatan 56.6 Kbps, periksalah teman-teman satu daerahmu, apakah ada yang menggunakan modem lebih dari 28.8 Kbps. Jika tidak ada satu orang pun yang dapat melakukan hubungan dengan kecepatan di atas 28.8 Kbps (asumsikan bahwa modem mereka dapat mengkoneksi lebih cepat), maka tidak ada gunanya membeli modem dengan kecepatan 56.6 Kbps.

2. Kesibukan Server
Server dapat memutuskan pengaksesan dari semua modem. Saat itu terjadi, pesan kesalahan yang sering muncul di browser adalah: ‘anonymous access denied’ atau ‘server returned extended information’. Kedua pesan itu berarti server terlalu sibuk dan tidak dapat memproses permintaan Anda. Tidak ada kesalahan dalam komputer Anda, tidak perlu panik, coba lagi saja.

3. Letak Server
Letak geografis memainkan peranan yang besar dalam kecepatan download. Semakin panjang line telepon, maka perjalanan file download juga semakin lama.

4. Tingkat Kemacetan Jaringan Internet
Anda dapat memiliki modem yang cepat dan tidak ada kemacetan, tetapi tetap saja bisa mengalami waktu down load yang lama. Penyebabnya karena dengan jumlah bandwidth yang sama, dalam waktu-waktu tertentu diakses oleh lebih banyak modem dibandingkan dengan waktu lainnya.



Pengertian UPLOAD

Upload atau unggah merupakan suatu cara untuk mengirimkan data anda (contoh: data gambar, data program, data word, data excel, data pdf) dari PC milik pribadi ke sebuah sistem Server atau sistem yang mirip lainya dan data kita akan di publikasikan di internet sehingga data milik kita bisa dilihat dan diambil oleh orang lain.

Upload atau unggah ini sering kali dilakukan oleh banyak pengguna internet dengan harapan supaya data yang dimiliki bisa di gunakan oleh orang lain yang membutuhkan ataupun hanya untuk sekedar pembelajaran

tool-tool yang digunakan untuk proses upload adalah :

* Cute FTP
* Filezila
* dll

untuk mencari tool-tool upload anda tinggal memasukkan kata kunci "software upload" pada google

Sumber : http://teknikinformatika-esti.blogspot.com/2011/01/pengertian-download-dan-upload.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar